Abstract

ABSTRAK


Saat ini kanker payudara merupakan penyebab kematian kedua akibat kanker pada wanita setelah kanker rahim, dan merupakan kanker yang paling banyak ditemui pada wanita. Di Indonesia, lebih dari 80% kasus ditemukan berada pada stadium lanjut, sehingga upaya pengobatan mencapai kesembuhan sulit dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendidikan kesehatan SADARI (Pemeriksaan Payudara
Sendiri) terhadap pengetahuan dan dukungan teman pada remaja putri di SMK AL Wahyu tahun 2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan design pra eksperimental dengan rancangan one group pre test and post test design. Desain penelitian one group pre test and post test design yaitu desain penelitian pra eksperimental yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding yang bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan dukungan teman remaja putri dalam upaya mencegah kanker payudara melalui pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) Di SMK Al Wahyu 2016, yang berjumlah 30 siswi dengan cara forum grup discusi. Variabel independen pada penelitian ini yang diteliti adalah Pengetahuan dan Dukungan teman. Hasil uji perbedaan dalam dua kali pengukuran Paired T-Test yang menunjukkan bahwa sebelum dilakukan intervensi Penkes tentang Sadari rata-rata pengetahuan dan dukungan teman responden adalah
pengetahuan kurang dengan 30 (100%), Dukungan teman dengan 30 (100%) dan setelah diberikan intervensi pendidikan kesehatan rata-rata pengetahuan responden adalah pengetahuan baik dengan 21 (70%) , Dukungan Teman baik dengan 9 (36,66%) dari hasil uji statistik yang diperoleh adanya perbedaan bermakna pengetahuan dan dukungan teman terhadap pemeriksaan SADARI. Kesimpulan terdapat pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap pengetahuan dan dukungan teman Remaja putri setelah dilakukan pendidikan kesehatan.