Abstract

Kecerdasan emosional meliputi dimensi mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, empati, dan membina hubungan merupakan faktor-faktor yang penting dalam proses pembelajaran mahasiswa, dalam hal ini adalah kompetensi Asuhan Persalinan Normal (APN) mahasiswa D-III Kebidanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis korelasi kecerdasan emosional dengan kompetensi APN mahasiswa D-III Kebidanan, dan menganalisis dimensi yang dominan berkorelasi dengan kompetensi APN mahasiswa D-III Kebidanan.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan potong lintang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi D-III Kebidanan STIKES Mitra RIA Husada semester VI berjumlah 51 orang yang memenuhi kriteria inklusi dengan teknik pengambilan secara simple random sampling dan didapatkan 33 responden. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret-Mei 2018 dengan menggunakan kuesioner dan daftar tilik. Data yang terkumpul dilakukan analisis statistik secara bivariabel menggunakan Chi Square dan multivariabel dengan analisis regresi logistik.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kecerdasan emosional mempunyai korelasi positif yang bermakna terhadap kompetensi Asuhan Persalinan Normal (APN) mahasiswa D-III Kebidanan mengenal emosi (p 0,008), mengelola emosi (p 0,009), motivasi diri (p 0,013) empati (p 0,016), membina hubungan baik (p 0,027), Sedangkan pengujian secara parsial dari kelima dimensi kecerdasan emosional, variabel yang dominan berkorelasi pada kompetensi Asuhan Persalinan Normal (APN) mahasiswa D-III Kebidanan adalah dimensi mengelola emosi (p = 0,010 dengan OR 86,1). Variabel mengelola emosi mempunyai pengaruh paling kuat terhadap kompetensi Asuhan Persalinan Normal (APN).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan kecerdasan emosional yang baik mahasiswa D-III Kebidanan memiliki kompetensi Asuhan Persalinan Normal (APN) dan dimensi mengelola emosi yang dominan berkorelasi dengan kompetensi Asuhan Persalinan Normal (APN) mahasiswa D-III Kebidanan.



Kata kunci : Kecerdasan emosional, mengenal emosi, mengelola emosi, motivasi diri, empati, membina hubungan baik, kompetensi, Asuhan Persalinan Normal (APN