Abstract

ABSTRAK


Produksi Air Susu Ibu (ASI) dapat meningkat atau menurun tergantung pada stimulasi kelenjar payudara, adapun salah satu faktor yang dapat mempengaruhi produksi ASI antara lain status gizi ibu. Laktagogum merupakan zat yang dapat meningkatkan atau memperlancar produksi ASI. Buah papaya (Carica papaya.L) merupakan jenis tanaman yang mengandung laktagogum memiliki potensi dalam menstimulasi hormon oksitosin dan prolaktin yang berguna dalam meningkatkan dan memperlancar produksi ASI.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan produksi ASI dalam pemberian olahan buah pepaya pada Ibu Postpartum diBPM Maria DSpada kelompok eksperimen
Metodologi : Penelitian quasi-experimental ini menggunakan rancangan pre and post test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling technique. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi untuk mengetahui perbedaan produksi ASI dalam konsumsi olahanbuah pepaya. Data dianalisis menggunakan descriptive statistics yaitu paired t-test untuk mengetahui perbedaan skor antara sebelum dan setelah pemberian buah pepaya dalam satu kelompok.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada skor antara sebelum dan setelah pemberian olahan buah pepaya pada kelompok eksperimen (p<0,05).
Simpulan dan Saran : Konsumsi olahan buah pepaya mampu meningkatkan produksi ASI pada ibu postpartum. Penelitian ini dapat diaplikasikan di praktik kebidanan klinik khususnya pada ibu postpartum bahwa dengan mengkonsumsi olahan buah pepaya dapat meningkatkan produksi ASI.



Kata Kunci : Buah Pepaya, Ibu Postpartum, Produksi ASI.