Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes yang relevan. Pada semester genap tahun 2016 nilai akademik mahasiswa Stikes Mitra RIA Husada banyak yang mengalami penurunan yang signifkan.Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan desain cross sectional dengan uji statistik Chi square dengan menggunakan instrumen penelitian quisioner untuk menilai persepsi mahasiswa terhadap fasilitas, pengukuran BB dan TB untuk mementukan Status gizi, dan mengukur kadar HB untuk menilai anemia.Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa s1 kesmas Tingakt 1,2,3. Sampel dalam penelitian ini yaitu total populasi sebanyak 92 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa prestasinya baik 59 orang (64,1%) yang tidak baik 33 orang ( 35,9 % ).mahasiswa dengan status gizi tidak baik sebanyak 20 orang (72%) sedangkan status gizi baik 72 orang (78,3% ). Mahasiswa dengan anemia sebanyak 8 orang (8,7% ). Persepsi mahasiswa terhadap fasilitas tidak baik sebanyak 14 orang ( 15,2 %) sedangkan persepsi yang baik ada 78 orang ( 84,8 % uji bivariat menunjukan tidak adanya hubungan yang signifikan atara status gizi dengan prestasi ( P 0.43 ), ada hubungan antara anemia dengn prestasi belajar ( P 0,023) . Ada hubungan antara Persepsi terhadap Fasilitas dengan prestasi belajar ( 0,031 ). Disimpulkan ada hubungan antara anemia dan persepsi terhadap fasiltas dengan prestasi belajar mahasiswa S1 Kesmas kelas reguler tahun 2016



Kata Kunci : Perilaku seks pra nikah pada remaja