Abstract

Narkoba masih merupakan suatu yang bersifat kompleks. Dalam kurun satu dekade terakhir permasalahan ini menjadi marak. Terbukti dengan bertambahnya jumlah penyalahguna atau pecandu narkoba secara signifikan, seiring meningkatnya pengungkapan kasus tindak kejahatan narkoba yang semakin beragam polanya (Jimmy, 2015). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran karakteristik remaja pengguna narkoba di RSKO Jakarta Timur pada tahun 2018.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif untuk mengetahui gambaran karakteristik remaja pengguna narkoba. Populasi yang digunakan adalah seluruh remaja pengguna narkoba di RSKO Jakarta Timur 2018 besar sampel dalam penelitian ini adalah seluruh remaja yang direhabilitas sebanyak 40 orang.


Hasil penelitian menunjukan bahwa pengguna narkoba yang tercatat di RSKO Jakarta Timur pada tahun 2018. Berdasarkan jenis narkoba yang dikonsumsi, mayoritas menggunakan narkoba jenis psikotropika dengan sebanyak 55%. Berdasarkan jenis kelamin, mayoritas jenis kelamin remaja pengguna narkoba adalah laki-laki sebanyak 95%. Berdasarkan usia, mayoritas kelompok remaja akhir usia >19 tahun sebanyak 70%. Berdasarkan pendidikan remaja pengguna narkoba adalah berpendidikan tinggi sebanyak 77,5%. Berdasarkan peran orang tua remaja mayoritas tidak mempengaruhi sebanyak 52,1%. Berdasarkan lingkungan sosial remaja pengguna narkoba mayoritas mempengaruhi sebanyak 65%. Dapat disimpulkan bahwa karakteristik remaja pengguna narkoba yang dominan menggunakan narkoba pada jenis psikotropika dengan jenis kelamin laki-laki.


 


Kata Kunci : Narkoba, remaja